Kamis, 12 Januari 2012

tips menyembuhkan diri sehabis operasi

Untuk mu semoga cepet sembuh ya sayang. ^^
1.       Gigih
        Paksakan diri Anda melalui sakit mental yang bagian dari pemulihan. Berhenti merengek, singkirkan perasaan mengasihani diri sendiri. Ada ungkapan “Pikiran adalah sesuatu yang tidak boleh disia-siakan,” tapi ketahuilah, pikiran juga tidk boleh selalu didengar. Rasa takut akan sesuatu yang tak diketahui membuat kita tidak mau memaksa tubuh untuk melakukan sesuatu yang diperlukan semampu kita agar cepat pulih. Apabila pikiran Anda mengatakan tubuh Anda sudah tidak tahan lagi, jangan didengarkan. Simak tubuh Anda; dia akan memberitahu kalau sudah tak tahan lagi. Jika Anda dapat bertahan menjalani rasa sakit dan rasa tidak nyaman, pasti Anda segera pulih.
2.       Tanyakan Percaya atau tidak,
         pemulihan cepat berawal bahkan sebelum mengenakan baju operasi yang longgar itu. Seharusnya, kawan saya itu dioperasi seminggu sebelumnya. Tapi kondisi tubuhnya sedang tidak fit kala itu. Ia diserang flu. Ssungguhnya, semakin baik kondisi tubuh SEBELUM operasi, semakin cepat Anda pulh nanti. Pastikan bagian tubuh di sekitar bagian yang akan dioperasi dalam keadaan kuat sebelum Anda menuju rumah sakit. Ini dapat mengurangi terganggunya bagian otot pasca-operasi. Semakin kecil gangguan pertumbuhan itu, semakin cepat pula Anda pulih.
3.       Es
        Pasca-operasi, sebaiknya Anda bersahabat erat dengan es. Karena, selama beberapa pekan berikutnya es sajalah yang akan menjadi teman paling setia Anda. Mengompreskan es ke bagian yang dioperasi dapat mengurangi efusi (terbentuknya cairan), meredakan nyeri, dan mempercepat proses penyembuhan. Kompres dengan es dalam selang waktu 20-30 menit, dan selalu upayakan agar yang dikompres dengan es secara berkala itu kembali ke suhu normal sebelum dikompres lagi. Biasanya beberapa jam, tapi begitu suhunya normal, sambar lagi kantong es dan mulai kompres kembali. Ulangi proses ini sesering mungkin. Mematuhi jadwal pengompresan dengan es juga akan membantu Anda lebih cepat melepaskan diri dari obat pereda nyeri yang bisa menimbulkan kesedihan.
4.       Jangan banyak Istirahat
        Tentu Anda boleh istirahat sebentar, tapi jangan sekali-sekali membiarkan diri Anda menjadi sahabat sofa—atau dalam kasus kawan saya, ranjang kamar kost. Semakin membiarkan diri bermalas-malasan, semakin sulit bagi Anda untuk kembali menjalani kehidupan yang aktif. Terus-menerus duduk di sofa atau tiduran hanya akan membuat bagian yang dioperasi itu semakin bengkak dan nyeri, dan proses pemulihan akan semakin lama pula. Bergerak-gerak dan berolahraga akan mempokan darah kaya-oksigen ke seluruh tubuh dan hal ini akan mempercepat pemulihan jiwa dan raga Anda. jika Anda dapat menahan rasa sakit, teman-teman Anda akan terheran-heran menyaksikan betapa cepatnya Anda pulih.
        Disadur dari tulisan Mark Schlereth di buku Samantha Ettus, Panduan Pakar untuk Menyelesaikan Segala Urusan dengan Cepat (Gramedia, 2009)

0 komentar:

Posting Komentar

Kebersamaan Kami